Ribbon Embroidery Project

Posted by Leila Husna On Sabtu, 21 Maret 2015 2 komentar

Liburan akhir semester 7 tinggal menghitung jari kelingking. Liburan paling nggak tenang tapi lumayan, agak produktif. Berawal dari ngeliat tugas sekolah adek yang super banget. Baru pertama ini liat karya sulam dari pita. Kecenya, adekku cuma bikin dalam semalam karena dia ngerjain mepet deadline. Nah pas aku lagi ber-wow-wow ria mantengin karya adekku, ibuku bilang "kamu bikin juga la, buat hadiah ulang tahun ibu ya". Aduh ibu, ulang tahun ibu kan masih Juni nanti, hadiah nggak harus pas ulang tahun aja kan bu? hahahaha.

Beda sama adek yang cukup semalem, aku butuh seminggu pertama liburan untuk bikin art project dadakan, kolaborasi painting dan ribbon embroidery (sulam pita), serba amatiran dan berantakan, setelah 7 tahun nggak pernah ngelukis dan 10 tahun nggak pernah nyulam. Dari mulai numpahin sebotol minyak cat di atas kain blacu, dan odongnya kain blacu yang ketumpahan minyak itu masuk ke mesin cuci, kecampur sama pakaian kotor, akibatnya semua pakaian jadi bau minyak dan kena noda minyak, menguning blentong blentong gitu nggak bisa ilang :( Belum lagi matahin 2 jarum sulam di awal-awal nyulam. Aku berasa jadi manusia super karena bisa matahin jarum segede itu haha. Gimana nggak, masukin jarum yang di bagian ujungnya terlilit pita dengan lebar 2 cm ke dalam kain blacu yang kerapatannya sekian milimeter itu susahnya minta ampun, beda banget sama masukin jarum yang ujungnya terlilit benang ke dalam kain yang tinggal sluuut gitu. Jempol ampe lebam karena tiap masukin jarum ke kain harus pake tenaga jempol ekstra super. Padahal yang namanya sulam itu kan kerjaannya keluar masukin jarum ke kain, bisa dibayangkan lah. Belum lagi kalo saking semangatnya masukin jarum, sampe lupa kalo di bawah kain itu ada kaki, nggak jarang jarumnya kebablasan nancep ke kaki :'( Dan ternyata eh ternyata, pas mampir baca-baca di gramedia, nemu buku sulam pita. Dari situ baru tahu ternyata ada alat untuk melubangi kain (lupa nama alanya apa, kayak paku gitu), jadi jarumnya tinggal sluuut gitu pas dimasukin ke kainnya karena udah dilubangin. Ya elah, kenapa nggak baca dari kemarin-kemarin yak, udah terlanjur hampir jadi, disitu kadang saya merasa sedih :( Tapi nggak papa, masih bisa menerapkan cara yang di buku tadi. Berhubung nggak tahu juga beli alatnya dimana, jadi biar murah meriah aku pake obeng hahahaha. Meskipun untuk melubangi kain pake obeng pun tetep butuh tenaga, tapi lumayan dibanding melubangi kain pake jarum doang.

Setelah berkotor-kotor ria dengan cat minyak dan berlebam-lebam ria jempolnya, this is it! Akhirnya jadi juga :') Spesial untuk ibu tercintaaaaa...



Dan ini ribbon embroidery nya adekku. Super kece, sama-sama amatir dan cuma semalem doang pula ngerjainnya (y)


Betewe cita-citaku adalah punya usaha di bidang crafting atau handmade project. Kalo nggak ya punya ruangan galeri pribadi untuk tempat display semua handmade project, ah membayangkan saja udah seneng :D. Kalo pun nggak punya galeri, minimal nanti punya pasangan hidup yang ngijinin seisi rumah aku dekor aneh-aneh hahahaha. Tapi tiap bikin handmade dan orang bilang "dijual aja lel", emm I don't know why, semacam ada perasaan nggak rela, hahaha. Nggak pernah bisa ngasih harga, karena usaha dan tenaga untuk bikin itu nggak sebanding dengan harga yang menurut mereka masuk akal. Mungkin karena amatiran kali ya, untuk satu project aja butuh usaha lebih, mungkin beda cerita kalo udah profesional. Tapi tetep punya cita-cita itu, entah kapan tercapainya, doain aja lah ya hahaha :)

L's

2 komentar:

Nadia Azka mengatakan...

bagus bangeeeet!!!

kurnia afsari mengatakan...

canteek banget leeeek ajarin mbokan :3

Poskan Komentar