STIS, siapa takut?

Posted by Leila Husna On Minggu, 22 Januari 2012 36 komentar

Update 16 Maret 2014, Pendaftaran online jalur USM sudah dibuka sejak tanggal 3 Maret. Cek disini

***

Yap, tadi pagi udah presentasi tentang kampus tercinta di SCE 2012 (Smaga College Expo 2012), dan sekarang giliran promosi online via blog hehehe. cekidot!


STIS apa sih?
Nggak tau? zzz ndeso! :p haha. Santai, kalian bukan satu-satunya orang yang nggak tau STIS kok, dulu aku juga nggak tahu sih STIS itu apa wkwk. Nah untuk itulah kami disini, siap sedia mengenalkan STIS pada kalian semua, termasuk Anda :) *ceileeh gaya banget bahasanya, mirip sales :p

STIS (baca: Es-Te-I-Es) atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik adalah Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958, yang menyelenggarakan program D-IV dengan menerapkan sistem paket yang dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester (SKS) dan ditempuh selama 4 tahun. Nah STIS ini memiliki 2 jurusan, yaitu Jurusan Statistika dan Jurusan Komputasi Statistik, dimana jurusan Statistika terbagi menjadi 2 bidang peminatan, yaitu Statistika Ekonomi dan Statistika Sosial Kependudukan. Nah bagi yang suka sama IT nih bisa masuk jurusan komputasi statistik karena nantinya kalian akan belajar gimana bikin software dll. Tapi kalian tenang aja, nggak perlu bingung-bingung pilih jurusan apa karena pemilihan jurusan ini dilakukan saat naik ke tingkat 2 (semester 3). (dan sebaiknya jangan tanya terlalu dalam tentang masalah jurusan karena aku masih tingkat 1 dan sama-sama belum ngerti haha)

Nah, mungkin itu sekilas tentang STIS, selengkapnya bisa dibaca di website nya langsung.

...

Apa sih keuntungan masuk STIS?
Buanyaaaak banget sodara-sodara. Nggak usah khawatir, STIS menawarkan banyak keunggulan bila dibandingkan dengan Perguruan Tinggi lain, diantaranya :

1. (Insya Allah) Nggak ada istilah lulusan STIS jadi pengangguran!
Yap, jadi setelah lulus, para sarjana langsung diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III/a untuk selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota. Nah bagi kalian yang rasa nasionalismenya tinggi, ini dia kesempatan kalian untuk mengabdi kepada negara!! :D *standing applause (gaya bangeeet haha)

2. Kuliah Gratiiiiiis!
Ini serius, kuliah di STIS gratis, tidak dikenakan biaya pendidikan (ya kecuali kalo mau beli buku atau fotokopi ya jelas lah bayar pake uang sendiri-sendiri -.-). Nah kita disuruh bayar itu paling cuma pas awal masuk aja, kalo angkatanku sih Rp 2.500.000,00 itu pun digunakan untuk pembayaran seragam dll, jadi sama sekali nggak masuk ke kantong kampus! Tapi setelah itu nggak diminta bayar apapun kok. Nggak ada uang gedung, nggak ada uang semesteran, nggak perlu bayar per SKS gitu deh pokoknya. Mantap kaan? :D

3. Dapet uang saku per bulan!!
Kurang apa lagi coba? Kuliah udah gratis eh masih dikasih uang saku juga perbulan ckck, alhamdulillah yah. Lumayan kok, tiap bulan dapet TID (Tunjangan Ikatan Dinas) sebesar Rp 850.000,00 jadi bisa ngurangin beban orang tua gituu :))

4. Tenang, dapet gelar kok!
Siapa bilang lulusan STIS nggak punya gelar? Punya kok. Diploma IV itu setara dengan S-1, jadi lulusan STIS mendapat sebutan Sarjana Sains Terapan (S.S.T.) dan setelah lulus kesempatan untuk melanjutkan S2 dan S3 di luar maupun dalam negeri itu terbuka luas. Buanyak banget beasiswa darimana-mana.

5. Mau lanjut? gamapang!
Jadi mahasiswa STIS berkesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan beasiswa baik dari dalam negeri maupun luar negeri :D Pokoknya tenang aja, beasiswa banyak kok!

6. Nggak ribet nyari kemeja #eh
Hehe, alasan yang aneh dan sedikit menyimpang sih, tapi fakta kok karena aku ngalamin sendiri gimana ribetnya nyari kemeja/kaos berkerah setelah diterima di salah satu PTN, apalagi aku tipe orang yang kemana-mana suka pake kaos oblong. Kemeja emm punya sih tapi cuma beberapa doang. Jadi waktu dinyatakan diterima di salah satu PTN gitu wah ribet banget harus beli kemeja banyak. Kan nggak mungkin juga kalo tiap hari kita pake kemeja yang sama huehehe. Nah tapi setelah masuk STIS, nggak ada tuh ribet beli kemeja, toh kita kan setiap harinya pake PDA (Pakaian Dinas Akademik). Jadi untuk kalian yang nggak mau ribet nyari kemeja, masuk STIS adalah pilihan yang tepat hahaha #promosiabiss

7. Insya Allah murni
Peserta yang lolos USM STIS Insya Allah murni hasil jerih payah mereka sendiri. Nggak ada suap menyuap, murni dari hasil tes. Diawali dengan sebuah kejujuran diharapkan akan menghasilkan generasi bangsa yang jujur pula :)

Nah itu sebagian dari kelebihan STIS yang selama ini menjadi faktor utama kenapa kami memilih STIS. Karena faktanya, sebagian besar mahasiswa/i STIS juga diterima di PTN lain dan bahkan nggak sedikit pula yang udah ngerasain kuliah di PTN tapi lebih memilih untuk pindah ke STIS :)

....

Pertanyaannya, apa sih syarat masuk STIS?
Nah biar lengkap, mending langsung aja deh baca di web nya STIS

Nah untuk tes USM nya itu sendiri ada 3 tahap : 
Ujian tahap 1 : Matematika, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum @60 soal
Ujian tahap 2 : psikotest 
Ujian tahap 3 : wawancara dan  tes kesehatan

Sistem USM ini sistem gugur, jadi kalo udah gagal di tahap 1 ya nggak bisa lanjut tahap 2. Tapi tetep semangat aja, semoga kalian lolos semua, amin :)

Sedikit informasi, USM tahun 2011/2012 pesertanya sekitar 22ribu orang dari seluruh Indonesia dan yang diterima hanya sekitar 400 orang (cmiiw),  jadi persaingannya hampir 1:50. Ayoo optimis! Pasti bisa!! yeeeaahh \m/

Ya mungkin itu sekilas tentang STIS, info lebih lengkap lagi langsung aja follow @STISJKT atau gabung aja ke fanpage Sekolah Tinggi Ilmu Statistik di facebook, disitu banyak share soal USM tahun lalu juga, banyak juga info-info tentang STIS.

Jadi, buat kalian yang sudah menentukan pilihan, kami tunggu di kampus abu-abu :)




salam,
mahasiswi STIS angkatan 2011/2012

36 komentar:

meraihimpian111 mengatakan...

Kak...
Saya mau tanya...
misalkan saya udah lulus STIS...
trus langsung ngelanjutin kuliah S-2 di PTN gitu bisa gak kak?
.
atau kalau mau kuliah s-2 harus kerja dulu di BPS selama beberapa tahun baru kuliah...?
.
trimss....

Leila Husna mengatakan...

Setelah lulus itu ada magang dulu, setelah itu baru penempatan. Jd kalo begitu lulus nggak bisa langsung lanjut kuliah S-2. Proses dr lulus sampe jadi PNS itu lumayan panjang.
Nah untuk lanjut S-2 ke ptn lain itu bisa, bahkan lanjut universitas di luar negeri jg bisa. Dan kebanyakan lulusan stis itu lanjut S-2 dgn beasiswa. Nah buat dpt beasiswa itu ngantri, jd sabar aja hehe. Kalo pengen cepet2 punya gelar S-2 ya kuliah pake biaya sendiri hehehe.

Anonim mengatakan...

gan minta soal stis dong,,,kalo nga pdf di fotoin aj,,,,
tempat ane jauh bgt ke kota ,,,,jadi nga bsa dapet ke kantor bps yang di tent,,,,

Leila Husna mengatakan...

udah banyak kok yang share soal-soal STIS, seperti http://duniasains-rizqy.blogspot.com/2011/05/contoh-soal-usm-stis.html dan http://blogibnuseru.blogspot.com/2011/12/2011-2012-soal-try-out-stis-20112012.html
searching aja di google, pasti nemu banyak deh hehehe :)

Kalo ingin beli bukunya nggak harus ke bps, bisa beli secara online juga kok :)

Rizky Filmi Reza mengatakan...

ka nanya ya, waktu tes dulu gimana sih gambarannya mnghadapi tes2 itu?
kan banyak anak yang ngedaftar STIS dari semuanya?

Leila Husna mengatakan...

@Rizki Untuk tahun ini, yang ngisi form pendaftaran sih ada 30 ribuan, tapi yang udah diaktifasi alias udah bayar ke bank itu ada sekitar "28 Ribu". Jadi buat persaingan tahap 1 nanti ada 28ribuan orang :D semangaaaat!!!

Kalo untuk gambaran waktu aku tes dulu gimana, cek ini aja deh http://coretanleila.blogspot.com/2011/07/hidup-itu-pilihan.html , tapi bacanya mulai dari tengah ya hehe, cari aja kata "STIS" :)

acong mengatakan...

Kakak kalo lulus stis bisa dapet beasiswa ke luar negeri?
Kalo bisa prosesnya lama ya kak?
Makasih:D

Leila Husna mengatakan...

banyak kok beasiswa ke luar negeri, tapi ya itu.. ngantri hahaha :D

lukmango mengatakan...

seberapa lama abis lulus bisa kuliah lagi?bertahun-tahunkah?

Leila Husna mengatakan...

intinya, kesempatan untuk melanjutkan sekolah itu terbuka lebar bagi lulusan STIS. beasiswa banyak, mau biaya sendiri juga monggo. masalah waktu, saya nggak terlalu paham, tapi setau saya kalo mau lanjut kuliah pake beasiswa itu nggak langsung gitu aja, ada tahap2nya termasuk tes untuk dapet beasiswa itu sendiri.

ulma's zone mengatakan...

kakak..berarti untuk bisa dapet beasiswa itu masih buth prjuangan lagi ya selain ngantri itu? hmm mksdnya, ga smua bgtu sja bisa dapt beasiswa kn?

Leila Husna mengatakan...

iya lah, buat dapet beasiswa itu ada tahap-tahapnya juga, bukan cuma ngantri nunggu giliran. Kalo nggak lulus tes ya nggak bisa dong. ini logika aja sih, aku kurang tau juga, kan masih tingkat 2. Kalian masuk STIS dulu aja, masalah S-2 dan S-3 nya itu urusan nanti setelah lulus dari STIS :D Tapi yang jelas, kesempatan beasiswa itu ada.

tutue mengatakan...

Kalo penempatan setelah lulus itu gimana kira2 kak? Apa bnr kl yg rnkingnya bagus nnti bisa milih?

Leila Husna mengatakan...

Yang rankingnya bagus akan ditempatkan di BPS Pusat (Jakarta), yang lain akan ditempatkan di luar jawa. "Ranking bagus" itu tergantung kebijakan kampus, tiap tahunnya beda, biasanya ranking 20 besar per jurusan, tapi pernah juga ranking 40 besar, tergantung kebutuhan.

chita suwito mengatakan...

mbak leila, saya boleh minta tolong ke mbak buat analisis data saya ngga?

Leila Husna mengatakan...

silahkan, kalo saya bisa ya :)

redi ana mengatakan...

kak, stis cuma nerima yang dari jurusan ipa doang ya ka?

Leila Husna mengatakan...

sayangnya iya cuma dari ipa aja :)

Anonim mengatakan...

ka biaya hidup di STIS mahal ngga? harus ngekos ya?

Nurlita Panca mengatakan...

ka aku minta cp nya boleh ngga? mau tanya tanya tentang stis, aku baca baca postingan kaka sampe terharu, boleh ngga ka?

Leila Husna mengatakan...

mahal itu relatif ya dan tergantung masing-masing individunya juga untuk pinter2 ngatur keuangan.
iya kalo dari luar jakarta ya harus ngekos. kosnya bervariasi, dari 200an sampe jutaan juga ada. kalo kosku sih 325rb. biaya untuk sekali makan rata-rata 7000-10.000 lah. Kalo sarapan 3000-4000 udah dapet bubur ayam atau nasi uduk. kalo mau masak bisa lebih murah. kan udah dapet Tunjangan Ikatan Dinas 850ribu per bulan, jadi ortu paling cuma nambahin dikit, 500ribu lah misalnya. Udah tuh ortu cukup ngirim segitu aja per bulannya, nggak perlu mikirin lagi biaya pendidikan, kan gratis :)

untuk cp bisa ke twitter atau fb dulu aja kali ya :)
@leilahussna atau FB : Leila Husna

Muhammad Alfin Mu'tashim mengatakan...

Apakah kakak ngekos di dekat kampus STIS atau agak jauh dan apakah kakak memakai kendaraan pribadi di sana? Saya dari Kal-Bar dan berniat masuk STIS.

Muhammad Alfin Mu'tashim mengatakan...

Apakah kakak ngekos di dekat kampus STIS atau agak jauh dan apakah kakak memakai kendaraan pribadi di sana? Saya dari Kal-Bar dan berniat masuk STIS.

Leila Husna mengatakan...

nggak perlu bawa kendaraan dek, kos ku deket. jalan kaki 5 menit aja sampai. Mayoritas mahasiswa disini pejalan kaki. banyak kos-kosan di sekitaran kampus, rata-rata jalan kaki 10-15 menit. Kalo mau pergi atau jalan-jalan gampang, banyak akses transportasi disini. nggak usah kawatir :)

susi ya mengatakan...

ka ijin copy tulisan nya boleh? hehe
ngga juga ngga papa ka :)

Leila Husna mengatakan...

silahkan :) tapi itu berdasarkan pengalaman 2 tahun silam, jadi bisa saja ada beberapa yang belum terupdate

Virgeena Laily N mengatakan...

kak, tanya boleh ya? kayaknya ada minat di statistika ini, tp bingung mau ke mana :D minta tolong kasih tau PTN-PTN selain STIS yg akreditasinya bagus bisa? buat referensi, biar 'sreg' gitu ^^ terima kasih

Anonim mengatakan...

ips bisa gk masuk stis kak???
kan klau maslah kependudukan,sosialdan ekonomi tu biasanya anak ips kan yg lebih menonjol tntang itu
kok anak ipa aja sih
gak salah tu???

Leila Husna mengatakan...

@virgeena kalo mau ambil jurusan statistika di PTN, bisa tuh ke IPB, setauku statistika nya juga bagus kok.
@anonim maaf syaratnya harus ipa. mslh kependukukan, sosial, dan ekonomi memang bidang ips, tapi matkul2 hitungan lainnya lebih mendominasi. kita itu statistik tapi dalam lingkup masalah kependukukan, atau statistik dalam lingkup masalah ekonomi, jadi dasarnya tetap statistik. dan statistik pun kalo di PTN-PTN masuknya bidang ipa, bukan ips :)

Anonim mengatakan...

Kak kalo statistika itu ada presentasi presentasi nya gak? Trus pas kuliah nya yang dipelajarin susah gak?

Leila Husna mengatakan...

presentasi mah udah pasti ada, yah presentasi tugas kelompok atau individu, kayak SMA lah. susah susah gampang :)

Anonim mengatakan...

Ka, alhamdulillah saya lolos ke tahap 3. Mau nanya buat penempatan setelah lulus saya dari jabar ga bisa milih jabar lagi ? Antara jakarta atau luar jawa ? Misalnya saya ditempatin diluar jawa jarak berapa lama bisa mengajuan mutasi ?

Anonim mengatakan...

kudengar sih 2xlama kuliah di STIS. jadi kalo kamu kuliah 4 tahun berarti kerja 8 tahun baru bisa ngajuin mutasi ato keluar.

denger dari orang BPS

Anonim mengatakan...

kak tunjangan ikatan dinas didapat mulai dari awal/pertengahan semester?

Anonim mengatakan...

kak berapa lama sih pemenempatan kerja di luar kota jawa ?


pleaseee kak jawab yahh :)

Ermah Intan Natiqoh mengatakan...

Kak setelah masuk stis ada beasiswa apa ngga buat nambah uang saku. Kaya di Ptn kan banyak beasiswa tuh, stis ada juga nggak???????

Poskan Komentar