MOVIESEARCH

Posted by Leila Husna On Jumat, 06 Desember 2013 0 komentar

Postingan kali ini nggak jauh-jauh juga dari yang namanya tugas. Kalo postingan sebelumnya tentang tugas matkul Pemrograman Web, tapi kalo yang ini tentang tugas matkul Teknologi Web. Dalam waktu seminggu kita disuruh bikin aplikasi search engine dengan menggunakan bahasa Java, XML, dan Apache Lucene. Kita dibagi jadi tim-tim, 1 tim terdiri dari 2 orang. Dengan memanfaatkan fungsi bilangan random di excel, aku dapet partner Yulia. Saat itu juga aku merasa kasian sama Yulia, wakaka :p

Selama ngerjain tugas ini, serasa jadi orang apatis yang nggak keluar kamar dan mantengin laptop seharian. Rasanya belum tenang kalo programnya belum bisa jalan. Apalagi pake laptop tua yang hobi banget not responding, kalo nggak sabar mungkin laptopnya udah tinggal setengah, setengahnya udah masuk perut. Begitu juga sama aku-nya yang hobi banget bikin error, udah nyoba ngebenerin tapi tetep error juga, akhirnya di-undo-undo ke kondisi awal sebelum error, eh anehnya udah di-undo sampe maksimal tapi errornya nggak ilang juga. Gimana nggak gregetan coba. Ujung-ujungnya minta Yulia buat ngebenerin, dan langsung berhasil begitu dipegang sama dia :3

Pernah kejadian, entah salah mencet apa, programnya nggak mau jalan. Karena bingung ini kenapa nggak mau jalan akhirnya aku undo. Dan begitu ku undo, cukup shock juga. Satu-satunya hal yang aku ubah di code program itu ternyata cuma tulisan author, yang awalnya author: Yulia (karena bikinnya di laptop Yulia, jadi secara otomatis nama authornya Yulia) kuganti jadi Leila dan Yulia. Kemudian mikir, "apa jangan-jangan programnya ngambek ya authornya ku ganti? ih nggak terima banget sih kalo namaku nampang" -___- Dan dengan polosnya aku balikin lagi authornya jadi Yulia doang dan berharap programnya bisa jalan. Tapi ternyata sama aja, tetep nggak mau nge-run hahaha. Ya iyalah, mana mungkin ganti author bikin error, odong nih wakaka.

H-1 kejadian yang sama terulang lagi. Karena sebagian datanya nggak mau muncul, jadi aku coba otak-atik malemnya. Eh habis di-otak-atik bukannya bener malah makin parah errornya. Awalnya masih mending, ada 50% data yang bisa ter-index, eh setelah ku-otak-atik malah nggak ada 1 pun data yang ter-index. Alhasil kalo masukin keyword di kotak pencarian hasilnya nol besaaaaar. Udah ku-undo-undo sampe pol tapi nggak ngaruh. Mana nggak punya back-up lagi. Untung tadi si Yulia udah sempet ngopy filenya, jadi masih ada 1 back-up lah. Lega.

Jam 8 malem Yulia sms "bad n". Mikir juga sih ini maksudnya apa. Setelah memperhatikan posisi huruf di keypad, oh paling kepencet, kan tombolnya deketan. Tapi nggak lama kemudian ada sms masuk lagi dari Yulia yang isinya "bad news lel, filenya kehapus!" DEG. Jantung berhenti sejenak. Terus panik sendiri, heboh sendiri. Besok presentasi, file aslinya error, copiannya kehapus. Fix, laptop masuk ke perut.

Sekitar jam setengah 9 aku tanya lagi ke Yulia gimana nasib filenya, dan alhamdulillah Yulia jawab "Udah udah tenang :)"  Meskipun kalimatnya agak ambigu tapi pasti maksudnya filenya udah aman, aaaa alhamdulillah :D

Hari H.

Aku pikir semua tim bakal maju, tapi ternyata hanya 4 tim yang akan presentasi hari ini. Biar adil, si bapak memanfaatkan fungsi bilangan random di excel untuk menentukan siapa yang maju. Pengacakan pertama alhamdulillah bukan nomer absen kami. Nah pas pengacakan kedua..

Aku : Itu angka berapa Yul? *nunjuk viewer*
Yulia : 23, absenmu berapa?
Aku : 17 yul, tenaaaang
Tiba-tiba..
Dosen : Yak, siapa ini yang nomer 33? Yulia mana Yulia?
DEG.. ternyata itu bukan nomer 23 tapi nomer 33 yang muncul. Dan itu artinyaa..
Yulia : Saya pak
Dosen :  Yak, silahkan maju. siapa partner kamu?
Aku : Saya pak T.T

Dan pada akhirnya timku adalah 1 dari 4 tim yang tidak beruntung. Meskipun hari ini dosennya adalah dosen pengganti yang nggak se-saklek dosen aslinya, tapi tetep aja kita berdua dibuat diam membisu di depan. Bener-bener kalah telak menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan si bapak, serasa seperti ikan cetul di tengah-tengah lautan :3 pertanyaannya bener-bener kritis seputar pengembangan search engine kita. jadi yg ditanya bukan search engine ini dibikinnya gimana, tapi malah "nantinya kalo search engine ini dikembangin menjadi seperti ini, seperti itu, apa yang harus dilakukan" yaaah ilmuku belum setinggi itu pak, ngebenerin program yang ini aja udah kewalahan eh udah ditanya jauh kedepan :3

Setelah presentasi, aku bilang ke Yulia
Aku : Yul, aku nggak ada firasat sama sekali kalo kita bakal maju
Yulia : Ada tau lel, dari sesi 1 lamu terus-terusan bilang "eh Yulia, yang presentasi jangan aku dong, kamu aja" berkali-kali. bahkan pas pengacakan dimulai pun kamu bilang gitu terus. Aku sampe mbatin dalam hati "ini Leila kenapa bilang gitu terus. bukan kita kok yang maju, bukan kita"

Kemudian mikir. Iya ya, dari pagi aku selalu bilang gitu ke Yulia, tanpa ada maksud apapun padahal. Kan mikirnya semua bakal maju, eh taunya cuma 4. Tapi begitu tau yang maju cuma 4 kenapa aku masih bilang gitu terus ya?? :o Berarti gini kali ya, firasat itu kadang ada tanpa kita sadari :o

Terakhir, ini dia penampakan aplikasi search engine yang sedari tadi dibicarakan, yang sedari seminggu yang lalu bikin gregetan. This is it! MOVIESEARCH - a movie search engine. 

tampilan saat loading pertama kali dibuka
jendela Search
jendela About
L's

0 komentar:

Poskan Komentar