Terlambat Perpanjangan SIM C

Posted by Leila Husna On Senin, 04 Agustus 2014 32 komentar

Satu setengah bulan yang lalu, umur udah beranjak ke angka 21. Berhubung dulu bikin SIM C nya pas umur 16 tahun, jadi sejak 1,5 bulan yang lalu SIM ku udah kadaluarsa. Rencananya pagi ini mau ngurus perpanjangan SIM. Karena nggak tau prosedurnya gimana, nyoba googling-googling eh malah nemu beberapa artikel yang menyatakan bahwa mulai 1 Maret 2013 tidak ada masa toleransi 1 tahun untuk perpanjangan SIM yang sudah kadaluarsa, harus bikin baru lagi bahkan meski telatnya cuma 1 hari.
Sesuai Peraturan Kapolri No. 9 tahun 2012, pasal 28 ayat 2 dan 3 menyebutkan bahwa : "Perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlakunya berakhir dan perpanjangan yang dilakukan setelah lewat masa berlaku harus diajukan sebagai SIM baru". sumber
Mati! Mana SIM ku udah telah hampir 2 bulan pula. Jadi males-malesan buat ngurus. Tapi kalo nggak diurus-urus takutnya makin belibet urusannya. Seriusan dilema. Tapi akhirnya berangkat juga :3

Sebenernya bisa perpanjangan di SIM keliling yang ada di Simpang Lima, tapi berhubung masih butuh kepastian ini SIM bisa diperpanjang atau kagak, akhirnya langsung ke Satlantas Polrestabes Semarang yang ada di kawasan Kota Lama. Sampai sana udah macam orang ilang, nggak tau mesti ngapain. Tanya ke bapak polisi yang ada di loket tapi jawabannya nggak begitu jelas dan bapaknya agak serem #eh hehehe. Akhirnya cari-cari info ke polisi lain biar makin jelas.

Aku : maaf pak, mau tanya, kalo mau perpanjangan SIM C prosedurnya bagaimana pak?
Pak Polisi : Telat nggak SIM nya?
Aku : *mati, belum-belum udah ditanya telat*  emmm, iya pak
Pak Polisi : Coba lihat SIM sama KTP nya
Aku : *ngasih SIM sama KTP*
Pak Polisi : *ngecek SIM* oh ini masih bisa diperpanjang
Aku : *dalam hati alhamdulillah, ternyata masih ada toleransi*
Pak Polisi : Kok bisa telat?
Aku : Hehe, iya pak, kuliah di Jakarta, jadi nggak sempet memperpanjang. Ini pas pulang kampung  pak. *ngeles everywhere*
Pak Polisi : ya udah ini kamu fotokopi KTP sama SIM masing-masing 2 kali. Terus ke pos penjagaan buat tes kesehatan. Setelah itu ke loket BRI, lalu isi formulir, terakhir foto. Bisa sendiri kan?
Aku : Hehe iya pak

Ok clear! Cuuss ke pos penjagaan buat tes kesehatan. Ku pikir tes kesehatan apa, ternyata cuma dites buta warna apa nggak. Cuma disuruh nebak 3 angka. Udah itu doang. Tapi biayanya 35ribu -__-

Setelah tes kesehatan, aku balik lagi ke loket BRI. Biaya perpanjangan SIM C : 75ribu.

Setelah itu ke loket Perpanjangan buat ambil formulir. Setelah diisi dikumpulin ke bapak petugas loket. Nah disini nih masalahnya. Aku duduk manis di kursi sambil nunggu dipanggil. Sampai akhirnya petugas loket keluar dari balik loket dengan membawa setumpuk formulir. Beberapa orang dipanggil namanya dan diberi formulirnya kembali untuk kemudian diteruskan ke ruang foto. Tapi beberapa formulir ditumpuk di atas meja dan nggak dikembalikan ke pemiliknya, termasuk punyaku. Setelah itu petugasnya masuk lagi ke ruangan di belakang loket. Nggak lama, aku lihat ada ibu-ibu memilah-milah formulir yang ditumpuk di atas meja tadi, terus diambil satu. Aku jadi bingung kan, ini sebenernya nunggu dipanggil atau ngambil sendiri sih. Mumpung bapak petugas tadi masih di dalam ruangan, aku mengendap-ngendap mendekati meja dan mulai memilah-milah formulir. Ku cari formulirku. Eh, belum selesai nyari, tiba-tiba bapak itu keluar dari ruangan. Mati! Ketahuan deh. Duh, salah tingkah juga ini mau kabur atau terusin nyari. Ah tapi bodo amet deh, pasang muka tebal sambil tetep memilah-milah formulir, sampai akhirnya formulirku ketemu di tumpukan paling bawah. Tuh kaaan, untung aku nekat nyari sendiri. Kalo nunggu dipanggil bisa-bisa sampe udel bodong pun nggak ada yang manggil -__- Dengan pedenya langsung ku ambil dan langsung ku terusin ke ruang foto. Padahal setelah ku pikir-pikir, formulirku ditumpuk di atas meja mungkin ada maksudnya kali ya, entah mungkin karena perpanjanganku telat atau gimana,  tapi malah main ku ambil aja hehe.

Begitu masuk ke ruang foto, ada beberapa orang yang ngantri. Aku tanya orang yang duduk di samping kananku, katanya nggak ada nomor antrian, ya sudah. Beberapa saat kemudian, pak polisi yang ada di depanku bilang begini "yang mau foto, silahkan formulirnya dikumpulkan disini". Naaah berhubung posisi dudukku yang paling dekat dengan meja, jadi aku yang paling pertama ngumpulin. Alhasil, aku dateng paling akhir tapi dapet giliran foto yang pertama hihihihihi \^^/

Setelah foto, aku duduk lagi di kursi tunggu. Nggak lama kemudian, aku denger namaku dipanggil. Odongnya, aku nggak tahu yang manggil itu dari arah mana. Aku kebingungan muter-muter nyari sumber suara. Mana disitu ada banyak loket dan banyak ruangan. Jadi aku bingung loket atau ruang mana yang manggil namaku. Petugas yang manggil namaku juga kebingungan nyari aku. Aku nyari petugasnya di ruang foto, tapi ternyata petugasnya ada di loket sebelah ruang foto. Aku ke loket sebelah ruang foto, eh petugasnya malah nyariin aku di ruangan foto. Astaga, odong emang ini malah main kucing-kucingan hahaha.

Dan akhirnya setelah main kucing-kucingan, dapet juga SIM C baru nyaaa ~ *ngelap keringet*

Jadi,  kalo dirangkum..

Yang perlu dibawa :
  • Fotokopi KTP 2 lembar
  • Fotokopi SIM 2 lembar
  • Bolpen >> penting!!!
  • Uang

Prosedur perpanjangan SIM :
  • Ke pos penjagaan. Menyerahkan fotokopi KTP dan SIM. Lalu lanjut tes kesehatan.
  • Bayar biaya administrasi di loket BRI
  • Menyerahkan berkas tes kesehatan dan kwitansi ke loket perpanjangan. Lalu dapet formulir.
  • Isi formulir
  • Menyerahkan formulir ke loket perpanjangan
  • Mengambil formulir yang udah diinput
  • Foto
  • Mengambil SIM baru

Total biaya perpanjangan SIM :
  • Tes kesehatan : 35.000
  • Biaya perpanjangan SIM C : 75.000
  • Total : 110.000

Btw, setelah dipikir-pikir, kok nggak ada denda keterlambatan ya? Entah ada proses yang terlewat atau petugasnya yang lalai, atau emang begitu, entahlah. Yang penting untung di aku :p hahaha. Pengalaman buat 5 tahun ke depan dan seternusnya, nggak lagi nelat-nelat begini deh perpanjangannya. Ini masih untung bisa diperpanjang, kalo mesti bikin baru? duh maaak, ampun deh kagak mau.

L's

32 komentar:

Anonim mengatakan...

(y) mbak

IdBloggerBuzz mengatakan...

wah.. saya tgl.27 ini telat... kira2 kena ga ya...
posisi jakarta..mudah2n masih bisa dan ga kena "ini-itu"

Leila Husna mengatakan...

semoga nggak kena ya :) aamiiin

Aisha Imran Sanusi mengatakan...

Mas, jika telatnya lebih dari 3 tahun gimana Mas? Masih bisa perpanjangan ga? Makasih

Leila Husna mengatakan...

wah kalo telatnya selama itu kemungkinan besar harus bikin baru lagi. btw saya mbak-mbak, bukan mas-mas -___-

ockta mengatakan...

mbak, mohon di konfirmasi ulang, selama di pos polisi ada yang ngedip, sambil pura2 kelilipan gak yah mbak, kok rasanya ceritanya agak beda sama saya ya, ada acara diketusin segala ama om omnya nih..,,

Baskara mengatakan...

Keterlambatan perpanjangan sim tdk dikenakan denda,asal max 1th kurang 1 hari).klo misal udh telat 1th/lbih,maka wajib bikin sim baru(tes teori n tes praktek lagi).ini brlaku diseluruh Indonesia.cmn ada sanksi tilang apabila ada razia dijalan(jika sim telat(kadaluarsa)).

Leila Husna mengatakan...

@ockta : apanya yang dikonfirmasi ulang? itu udah real tanpa rekayasa. nggak ada main kedip-kedipan -___- kalo ketus emang ada yang ketus, makanya pilih tanya-tanya ke bapak-bapak yang ramah :3
@baskara : terimakasih infonya :)

Baskara mengatakan...

Just share info:bagi yg blm memiliki sim,hendaknya sgera bikin.soalnya th 2015 bikin sim naik 3x lipat dr hrga skrg.

arifinisme mengatakan...

trims buat infonya
same case here :D :D

Danjigokudo mengatakan...

jadi kalau sim kita belum telat satu tahun masih bisa perpanjang tanpa harus membuat baru

novi astriyani mengatakan...

kalo terlambat perpanjang sim blh ga k sim keliling ?atau kudu k polres langsung?

Mr. Dony O mengatakan...

kebetulan aku juga kadaluarsa 2 bulan, apakah akan kena biaya juga ? mohon info... mau ke daan mogot soalnya

Alfian Rahmat mengatakan...

Permisi ibu bapak saya mau tanya sim c saya sudah telat 2 bulan. Kira kira masih bisa d perpanjang gak yach,,,
Terima kasih

Fauzan Cameel mengatakan...

om tante, mungkin ada yg bisa bantu jawab. sim mati lebih dari tahun apakh bisa diperpanjang di seksi 8 (polres jaksel)? berhubung daan mogot cukup jauh dari tempat tinggal saya.

aboet aboet mengatakan...

Ng kena papa bos..urus sndiri lbh gampang..hindari calo..pling lama 1 jam boz

aboet aboet mengatakan...

Ngak kena tambahan papa bos..sim c 130 sim a 145..hindari calo bos urus sndiri gampang n cpat kok

elga prima mengatakan...

Kalo masa berlaku sim masih 2 bulan tp mau diperpanjang sekarang bisa gak?
Atau nunggu masuk bulan masa berlaku sim habis dulu?

Andini Pusparini mengatakan...

Masih bisa kok perpanjang di mobil sim keliling aja, aku barusan ga sampe setengah jam prosesnya cepet banget

Andini Pusparini mengatakan...

Bisa di sim keliling mba asal belum terlambat satu tahun setauku #bantujawab

Haposan Alex S mengatakan...

Sim sy sdh telat 5 bulan apa masih bisa di perpanjqng ? Thx

Anonim mengatakan...

sim telat 2 bulan masih bisa di perpanjang ? kalau di samsat gerai bisa?

Anonim mengatakan...

sim telat 7 hari masih bisa di perpanjang ?

Anonim mengatakan...

Andini Pusparini
Masih bisa kok perpanjang di mobil sim keliling aja, aku barusan ga sampe setengah jam prosesnya cepet banget
Bisa di sim keliling mba asal belum terlambat satu tahun setauku #bantujawab
berarti kalau 15 hari masih bisa? tapi kalau selain di mobil sim keliling bisa misalnya di samsat gerai mall?

Riki Agung mengatakan...

Sim telat hingga 5 bulan punyaku..bisa ga yah diperpanjang di sim keliling!!!hadeuuhhh....atawa kudu buat sim baru lagi...

Ahmad Noor Yuhdi mengatakan...

Mulai 1 Mei 2015, perpanjangan SIM mati maksimal jadi 3 bulan, lebih dari 3 bulan harus buat sim baru di daan mogot. hari ini saya lihat di samsat kebon nanas jaktim

CaraSim mengatakan...

alhamdulillah
tambah mudah mengurus SIM online sendiri
terima kasih banyak infonya

Saiful Mujab mengatakan...

Syukur klo msh da toleransi wktu,Sim C saya limitnya Tgl 23 agstus 2015 ....besok mu lgsg ak perpanjang deh klo gtu.....biar ga apes di jln klo pas da cegatan ..,.

Unknown mengatakan...

mas, mbk, numpang nanya nih...
SIM ku udah gk berlaku bulan april.. dan aku baru tau kmren klo udh habis masa berlakunya..
nah, kira" itu kena denda/bkin baru lagi?
Mohon ifonya mbk,mas, mkasih sblumnya..

adit mengatakan...

sim A klo udh telat 7 bulan berapa pak dendanya trimksih

awang mengatakan...

mau tanya nih bagi yang tau, kl mau perpanjang SIM C tp paki KTP yg sudah habis masa aktifnya bisa gk ya ? soalny yang baru blm jadi masih dalam proses sedangkan masa berlaku SIM C saya udh habis 1 bulan yang lalu, kira-kira bisa gk ya ?

Unknown mengatakan...

info nya sangat bermanfaat ,,,,thank u for everyting yaaakkkk :D

Poskan Komentar