Ngutip Secuil

Posted by Leila Husna On Selasa, 04 Januari 2011 0 komentar

Seperti biasa, Pak Narno selalu menggunakan analogi dalam menyampaikan pelajaran. Dan pas aku lagi ngantuk-ngantuknya, tiba-tiba ada beberapa dialog yang bikin mataku melek lagi
Pak Narno : Ini anggap saja budak. Kalian tau budak cah?
Dimas : Tanyakan saja pada Yayas! (haha, sumpah ya ni bocah jahat banget!!)
Pak Narno : Kalo punya uang 300, setiap memerdekakan budak butuh 100, maka kalian akan memerdekakan berapa budak? 1 atau 3?
Ada yang jawab 1, ada yang jawab 3
Pak Narno : Sekarang kalo 3, pertanyaannya mereka akan pergi kemana?
Sekelas : (ngakak. plis pak, ini kok malah wawancara)
Pak Narno : mereka akan makan apa? (pak! Apa hubungannya sama Fisika? -____-)
Pak Narno : Percuma kalian memerdekakan 3 budak kalo pada akhirnya hanya akan menelantarkan mereka. Mereka jadi nggak punya tempat tinggal, makan juga nggak jelas. Jadi mending kalian memerdekakan 1 budak, lalu sisa 200nya untuk sangu biar dia bisa makan! Percuma memerdekakan 3 budak kalo akhirnya hanya akan "membunuh" mereka. (wuhh, pemikiran hebat!! plok-plok-plok) 


Pelajaran Bahasa Jawa, kali ini ada cerpen, ada yang disuruh baca, nah kita tugasnya nyari kata-kata sulit lalu setiap anak masing-masing menyebutkan 3 kata sulit disertai arti dan jenis tembungnya.
Bu Asih : Ayo Fahmi dibaca!
Sekelas : Hah? Fahmi? Nggak ada Bu! Itu kelas lain hahaha
Bu Asih : Oh iyo deng, Luthfi maksudku
***
Bu Asih : Dilanjutkan Teguh!
Bu Asih : Eh, salah, nggak ada Teguh og ya, Teguh udah lulus deng.
Sekelas : Disini ada juga kok Bu yang namanya Teguh!!
***
Bu Asih : Sekarang cepet-cepetan nyebut 3 tembung!
Nia Beta : Dari sini aja Bu (kebetulan kami duduk di depan dan paling pojok)
Bu Asih : Oh ya udah
Karena dapet giliran awal jadi masih banyak kosakata haha :D
Nia Beta : Lunglit, artinya balung kulit. Ternasuk tembung kerata basa.
Bu Asih : Lhoh? kok kerata basa??
Nia Beta : lha apa Bu? Tembung garba? Entar? Dwilingga? Ruro Basa? Saroja? (disebutin semua -,-)
Bu Asih : hussh ngawur wae! Kui tembung camboran!
***
Bu Asih : Udah ditulis aja di depan, biar yang lain nggak ngulangin kata yang sama.
Aku maju, nulis di papan tulis.
Ojan : Le, sletingmu!
Aku : hah? (panik, sambil ngraba sleting rok belakang. Tapi kok nutup?)
Ojan dkk : haha, sleting kui lho!! (sialan dikerjain, ternyata sleting samping bawah yang biasanya ku buka biar lebih longgar pas naek motor -,-" )
***
Luthfi : Sumilah ki artine apa? Senyum?
Aku : Lha mboh, aku rak ngerti. Tep nilai tep.
Luthfi : Oh, sumilah artine nilai?
Aku : Bukan, maksudku kamu minta nilai sana lho, kan kamu udah maju! -____-
***
Luthfi : Kowe dadi dosen Bahasa Jawa rak wes Le.
Aku : Hah ngarang, rak iso aku
Fitrah : Ngajar bule lho. Kan banyak bule yang belajar sastra Jawa.
Nia Beta : Siapa tau 'kecantol' satu Le, haha
Luthfi : Siapa tau ada Robert Pattinson! 


Pas pelajaran Sejarah ada anak kelas 10 masuk ke kelas mau pinjem apa gitu aku lupa.
Herdian : O, iki tho Dan!
Sekelas : Ciyeee
Bu Surasmini : Kenapa tho? Mencari siapa?
Sekelas : Dani!!!
***
Bu Surasmini : Isi perjanjian Poutsdam antara lain demiliterisasi
Wabi : Oh, Demiliterisasi!
Sekelas : Ciyeee!
Bu Surasmini : Siapa tho?
Sekelas : Demi Bu!
Bu Surasmini : Demi itu siapa?
Sekelas : Agnes bu, Agnes!!!
Bu Surasmini : Lha kok tadi saya dengernya Demi Persik.

Moving class ke Kimia. Malah muter-muter nggak jelas. Doni dkk malah dorong-dorongan di depan salah satu kelas. Dan mungkin karena berisik tiba-tiba pintunya dibuka dari dalam dan mereka kaget langsung lari. Ternyata itu kelasnya TG!! Dan karena aku, Nia Alfa, dan Nia Beta yang ada di belakang, jadi malah kami yang kena imbasnya.
Bu TG : Kenapa tho?
Aku : Nggak tau Bu, pokoknya itu bu, pokoknya itu. (sambil nunjuk cowok-cowok yang lagi lari)
***
Nia Alfa malah mejeng di depan pintu kelas sebelah ruangannya TG, dan isengnya langsung kami dorong. Tiba-tiba Duni yang kami nggak tau sejak kapan datangnya langsung nyeru "heh ngawur, kelasnya Pak Narno lho!" "Hah? Kabuuuurrr!!" Kita langsung lari hahahaha.

0 komentar:

Poskan Komentar