Kakap Saus Teriyaki

Posted by Leila Husna On Senin, 14 Oktober 2013 0 komentar

Sejak ngekos, rasanya udah lamaaaa banget nggak masak-masakan. Gini nih, nasib anak kos yang di kosannya nggak ada dapur :3 Berhubung ini lagi liburan 3 bulan, jadi dipuas-puasin deh berantakin dapurnya :D

Nah, mumpung di rumah lagi ada kakap fillet, jadi pengen bikin sesuatu yang bahan utamanya adalah kakap. Berhubung dari dulu kalo masak kakap itu cuma digoreng tepung aja atau paling pol dibikin bakso kakap, jadi, kali ini eke mau bikin yang lain. Setelah googling sana-sini, dengan mempertimbangkan bahan yang ada di dapur, akhirnya ketemu juga sama resep yang satu ini, resep dengan bahan-bahan yang alhamdulillah 90% nya udah tersedia di rumah. 10 % nya bisa laaah diakalin, tinggal diganti aja sama bahan yang ada, gitu aja kok repot ~ :) Dan ini dia hasil copas resepnya :

Bahan-bahan:
200 g filet ikan kakap, iris tipis
tepung terigu secukupnya
minyak goreng secukupnya

Bumbu rendam:
½ sdt garam
½ sdt merica
¼ sdt ajinomoto (aku ganti pake penyedap rasa yang lain)
1 sdt tepung terigu

Saus:
2 siung bawang putih, cincang (ditambah atau diganti bawang bombay juga boleh tuh biar makin mantep rasa sama harumnya, tapi karena nggak punya bawang bombay jadi aku tetep ngikutin resep pake bawang putih doang)
1 buah cabai merah buang biji, iris tipis (karena aku doyan pedes, aku tambah 2 buah cabe rawit yang warnanya oren, kalo di daerahku namanya lombok setan~)
½ buah wortel, iris panjang (kalo aku lebih suka dipotong dadu kecil-kecil, mehehe)
½ batang daun bawang, iris tipis (dibanyakin juga oke)
1 sdm saus tomat (berhubung nggak punya saus tomat, aku pake saus cabe trus aku tambah ½ belimbing wuluh yang diiris tipis biar dapet rasa asemnya)
100 ml air
1 sdm minyak goreng
3 sdm saus teriyaki

Cara masak:
1). Rendam ikan dengan bumbu rendam, lalu lumuri dengan tepung terigu hingga rata. Goreng hingga
berwarna kecoklatan.
2). Tumis bawang putih hingga harum, tambahkan cabai merah, wortel, dan daun bawang,
aduk hingga rata. Masukkan air, saus tomat dan saus teriyaki, masak hingga
mengental. (sekali lagi mengingatkan, saus tomat aku ganti pake saus cabe, dan aku tambahin irisan belimbing wuluh)
3). Angkat dan sajikan kakap goreng dengan sausnya.

Dan taraaaa... ini dia kakap saus teriyaki ala chef Leila ~ mehehehe.


Berhubung aku udah lapar, jadi tuh kakap langsung aku taruh aja dalam piring tanpa dihias-hias hehe, bodo amet lah urusan penampilan, yang penting kan rasanya B) *bilang aja nggak bisa ngehias, lel* eh :p Tapi seriusan loh ini enaaaaaaak, aaa pengen bikin lagi, sayang kakapnya udah habis :3

Btw, kalian nggak kepengen? oh kepengen? minta dibikin? yee, enak aja, bikin sendiri noh! :p

L's

0 komentar:

Poskan Komentar