Congraduations!

Posted by Leila Husna On Kamis, 10 Oktober 2013 3 komentar

Alhamdulillah project kedua udah kelaaar. Setelah sebelumnya nyelesein video stop motion buat Khusnul, kali ini aku bikin 5 buah graduation box spesial untuk mbak-mbak kos tercinta yang tanggal 10 Oktober kemarin diwisuda :D  Waaah liburan kali ini bener-bener produktif! (y)


Ide untuk bikin graduation gift macam ini nggak muncul gitu aja, butuh semedi berhari-hari, berminggu-minggu *lebay amet*, sampe akhirnya tercetuslah ide untuk bikin graduation box. Desainnya sendiri terinspirasi dari salah satu blog penjual souvenir. Berhubung kalo beli mmm..ehem..mahal, jadi aku bikin sendiri aja deh mehehe. Toh menurut ku, menurutku lho ya, kalo handmade itu fell-nya lebih berasa ketimbang kalo beli jadi :) *bilang aja nggak mampu beli, lel* eh :p

terinspirasi dari ini, sumber
Nah buat temen-temen yang mau bikin sendiri di rumah, mungkin mau dikasih ke temen, saudara, atau ehem..pacar, ini eke kasih tau cara bikinnya. Gampang kok! :D


1. Langkah pertama, kita bikin dulu bingkainya. Kalo mau praktisnya sih mending beli aja, tapi berhubung aku nggak tau dimana toko yang jual bingkai yang ada kedalamannya macam itu, jadi aku bikin sendiri deh bingkainya dari sterofom mehehe, kreatif kere tapi aktif kaaaan? B)

2. Langkah kedua, lapisi tepi bagian dalam bingkai dengan kertas warna hitam. Aku nggak tau nama kertasnya apa, bentuknya mirip-mirip kertas kado tapi warnanya item polos.

3. Selanjutnya, tempelkan kertas bertekstur di bagian dalam bingkai. Awalnya aku pakai kardus yang dikuliti, tapi berhubung menguliti kardus itu susahnya luar biasa, jadi aku nyerah dan milih buat beli kokoru di gramedia.

bagian dalam kardus setelah dikuliti
Kokoru - color corrugated paper
4. Nah untuk tahap keempat adalah tahap berkreasi. Disini kita bisa bebas menempel tulisan maupun gambar di atas kertas bertekstur. Biar gambarnya nggak polos, bisa divariasiin dengan kain flanel, pita, dan lain-lain. Untuk pemasangannya pun bisa dibikin timbul, melengkung, atau apapun lah, terserah. Intinya disini suka-suka kita, silahkan berkreasi, buat semenarik mungkin :D

5. Setelah selesei urusan tempel menempelnya, tutup dengan kertas mika bening. FYI, alat tempel yang eke pake sedari tadi itu cuma solasi bolak-balik atau double tip.

6. Nah ini adalah tahap finishing. Bungkus bingkai bagian luar dengan kertas item polos yang tadi. Btw, di tahap finishing inilah tahap yang paling bikin aku stres. Ada sekitar 3 atau 4 kali aku nyoba ngebungkus, tapi nggak ada yang rapi. Buka lagi, bungkus lagi, sampe akhirnya kelar juga *meskipun nggak rapi juga, tapi better lah*. Soalnya kalo ngebungkusnya jelek..itu semacam nila setitik rusak susu sebelanga -____- Jadi kalo yang nggak mau repot ngebungkus bingkai atau takut bungkusannya merusak penampilan, mending beli bingkai jadi aja. Tapi entah belinya dimana --a
Dan taraaaaaa... ini adalah ke-5 graduation box yang sudah terbungkus :D

Spesial untuk mbak Wahyu :)
Spesial untuk mbak Susan :)
Spesial untuk mbak Neti :)
Spesial untuk mbak Tyas :)
Spesial untuk mbak Fitri :)
Untuk penyangga bingkainya, aku lupa mendokumentasikan proses bikin + hasil akhirnya, jadi maap yee nggak ada tutorialnya :3

Graduation box udah, penyangganya juga udah, emm rasanya kurang kalo nggak pake graduation card. So, malam sebelum hari H, aku bikin kartu ucapan dadakan dengan memanfaatkan sisa bahan yang ada, yaitu kertas buffalo dan kain flanel. Dan taraaaaa...ini dia penampakan dari cover kartu ucapan :D


Cara bikinnya bisa lihat disini, toh aku juga nyontek dari sono, cuma karena adanya keterbatasan bahan dan waktu jadi aku bikin seadanya aja, mehehe.

Untuk packingnya, masukkan graduation box dan graduation card-nya ke dalam tas. Graduation gift siap disajikan #eh.

***
10 Oktober 2013

Tibalah hari H yang ditunggu-tunggu. Ini yang wisuda mbak-mbak kos, tapi kenapa aku yang nggak bisa tidur ya ckck. Jam setengah 2 baru tidur eh jam 4 udah kebangun gegara kosan udah rame banget sama suara-suara mbak kos yang siap-siap mau dandan. Disitu aku keliatan mupeng banget ngeliat mbak-mbak kos pada dandan cantik-cantik, pake kebaya, pake TOGA, hiks hiks. Sabar lel, 2 tahun lagi, 2 tahun lagi. Okee, tunggu aku di wisuda 2015 insyaAllah! Amiiin! :D

Berhubung aku adalah satu-satunya wakil dari kosan dan penghuni kosan satu-satunya yang belum wisuda, jadi aku nggak ada temen deh pas ke acara wisuda. Sempet jadi anak ilang di kerumunan banyak orang sambil nenteng-nenteng 5 tas kayak ibu-ibu pulang shopping. Untung ketemu sama gerombolan anak Permata (himpunan mahasiswanya anak Solo dan sekitarnya) yang lagi nungguin mbak-mbak Permatanya dan kebetulan 4 dari 5 mbak kosku itu anak Permata, jadi aku nunggu mbak-mbak kos bareng mereka deeeh, huehehe.

Naaah, akhirnya, ini dia 2 dari 5 foto bareng mbak kos yang aku punya. Yang lain aku belum minta, soalnya habis wisuda langsung pulang kampung sih mehehe. Kapan-kapan aku update lagi kalo udah dapet, insyaAllah :)

mbak Wahyu :*
mbak Neti :*
Sekali lagi, selamat wisuda untuk mbak-mbak kos tercinta. Ayo, ndang magang, ndang penempatan, ndang NIKAH! :D

L's

3 komentar:

Tudzla Hernita Amakusa mengatakan...

Wah kereeen le, kreatif ! Mau dong dibikinin nanti *eh haha
Insya Allah wisuda bareng 2015 nanti. Aamiin :))

Leila Husna mengatakan...

mehehe, makasih nitaaa :D wah boleh, boleh.. wani piro? wkwk
aamiiin ya Allah aamiiiin :))

Tudzla Hernita Amakusa mengatakan...

sama2 le :D
asikasik, maunya yg gratisan aja ada ga? :3

Poskan Komentar