Kesebelasan

Posted by Leila Husna On Sabtu, 25 Juni 2011 0 komentar

Berkat mereka, kita berdiri disini, berdiri sebagai calon orang besar (amin).

Sekolah bagus, siswa membanggakan, semua itu tak terlepas dari jasa mereka, guru. Yang istimewa, mereka punya cara yang berbeda untuk membimbing setiap muridnya, entah itu dengan cara yang sukses membuat muridnya deg-degan setiap saat, entah itu serius tapi santai, atau bahkan terlalu santai tapi membekas di hati. Dan berikut ini 11 guru yang nampol banget di hati, entah itu karena menyenangkan ataupun yang menyebalkan dan bikin nggonduk -.-

1. Gudeg 
Ini kelompok guru yang suka banget bikin deg-degan murid-murid, bikin relativitas waktu jadi lamaaa banget, dan paling bikin suram selama jam pelajaran. Siapa aja mereka *jreng jreng jreng* . . .

Mrs. Chriss . WOW. dahsyat banget nih guru, sukses banget bikin jantung mau copot tiap ketemu. Kalo udah masuk kelas nih yaaaa langsung deh hawanya dingin banget berasa AC dinyalain di suhu paling minim. Mata, telinga, tangan, harus kompak melihat, mendengarkan, dan mencatat setiap kata yang diucapkan beliau karena dijamin setelah itu pasti beliau bakal menanyakan hal seputar yang diomongkan tadi, dan kita harus jawab persis plek sesuai yang diomongkan beliau. Kalo kamu sampe nggak bisa jawab uuuu tamatlah riwayat kecantikan/ketampananmu. Maksudnya? Gini nih, misal si A nggak bisa jawab, nah pertanyaan langsung di lempar ke B, dan kalo si B bisa jawab dengan tepat.....pasti mrs.Chriss langsung bilang "Okey, that's good. You're so beatuful today and more beautiful than A." rasanya tuh jleb jleb jleb, dan nggak jarang satelah itu kamu dijadikan bahan pertanyaan yang inti pertanyaan itu adalah kita harus membuat kalimat seperti bentuk kalimat "B more beautiful than A because she could answer my question" atau disuruh nyebutin itu jenis kalimat apa dan blablabla, pokoknya kamu harus tahan mental namamu disandingkan berkali-kali dengan orang yang lebih cantik dari kamu.

Terlepas dari semua itu, mrs.Chriss adalah sosok guru disiplin yang sebenernya baik dan care banget lah. Pernah waktu itu kita (elevator) nonton film pas mrs.Chriss nggak masuk padahal ada tugas yang harus diseleseikan. Nah Mrs.Budi laporan tuh sama Mrs.Chriss. Kita udah takut banget bakal dihukum atau dimarahi dan blablabla, eh nggak taunya mrs.Chriss nggak marah dan bilang "saya tidak akan percaya sama laporan orang lain kalo saya tidak lihat dengan mata kepala saya sendiri, kalopun laporan itu memang benar bahwa kalian nonton film di jam saya pasti ada alasan kenapa kalian melakukan itu. Saya yakin kalian tidak punya maksud untuk menyepelekan saya. dan blablabla. ." kita langsung merasa bersalah dengan sendirinya tanpa dimarahi, tanpa dihukum. Wow, ini nih yang aku suka sama mrs.Chriss, pengertian :) . Tapi jangan salah, kalo kamu melakukan kesalahan tepat di depan mrs.Chriss uuuu nggak akan ada toleransi, langsung tuh kamu disetrap di depan dan bilang "My name is blablabla. I am a bad student because blablabla. I promise I will not blablabla. I'm sorry my teacher, I'm sorry my friends." unik nggak tuh? wkwk.

Yang kedua, siapa lagi kalo bukan pak Anwari. Guru Agama Islam yang satu ini udah terkenal banget disiplin tinggi dan bikin setiap murid langsung nggak berkutik begitu beliau lewat di depan kita terutama saat upacara. Siap-siap aja buat adek kelas yang udah naik ke kelas 12, nanti kalo ujian praktek agama santai aja ya kalo dapet gilirannya pak Anwari. Jangan sampai materi yang udah kalian hafalkan mati-matian langsung ilang seketika begitu berhadapan sama pak Anwari ;)

Yang ketiga pak Narno. Guru FISIKA yang kadang unyu banget tapi seringnya bikin jantungan apalagi kalo udah mulai tanya "sekarang tanggal berapa?" waspadalah kalo tanggal itu merupakan absenmu.
Aku : nyak, tanggal berapa ik sekarang?
Nia Beta : 22
Aku : oh. (diem lama, tiba-tiba panik) hah? 22? Ada fisika nggak hari ini ???? (langsung tahan nafas)
Nia Beta : nggak ada kok
Aku :  (mengehembuskan nafas) syukurlaah

atau kalo pas apes ni yaa. . .

pak Narno : tanggal berapa sekarang?
Sekelas : 22 pak (termasuk aku nih yang jawab)
pak Narno : yak, absen 22 maju.
*krik-krik*
pak Narno : mana absen 22? Oo nggak masuk >> mutusi dewe
Lutep : Lho le, kowe absen 22!
Aku : HAH? EMANG SEKARANG TANGGAL 22??? >> efek ngelamun

Udah ada bayangan kan kenapa pak Narno bisa bikin jantung kita deg-degan setiap saat? Tapi terlepas dari semua itu, pak Narno adalah sosok guru istimewa yang bisa bikin Nia Alfa nangis hanya dengan membayangkan beliau, yang bisa bikin kita nggak tahan tepuk tangan dan berdecak kagum kalo udah bahas Fisika Cinta, dan sosok yang bisa bikin kita kangen sama Smaga :')

Tragedi sama Pak Narno? Pernah dan itu bikin nggak bisa tidur *ceileh. Jadi waktu itu aku, Nia Alfa, sama siapa lagi gitu, keluar dari kelas Fisika. Aku bilang "pak Narno sangar ya, bisa hafal materi sebanyak itu. blablabla *dan berbagai pujian lainnya*. Catetanku juga jadi penuh nih, tapi percuma nyak kalo catetan penuh tapi nggak mudeng. PER-CU-MA." Beberapa detik kemudian aku ngerasa ada yang jalan di belakangku, begitu turun tangga aku mlinguk deh ke belakang dan ternyata yang daritadi di belakangku itu ternyata PAK NARNO!!! Sumpah langsung lari turun tangga dan pura-pura bilang "nyak aku duluan dulu, aku mau kesana bentar ya, dadaaaah!!!" aaa nggak enak banget, pak Narno denger nggak yaa??? aaaa maaf pak maaf :'(

Yang keempat, Bu Surasmini. Ini nggak kalah bikin deg-degan. Ada ulangan maupun nggak ada ulangan pun kita tetep lari rebutan bangku belakang. Pokoknya takut banget deh. 1 jam sejarah pun berasa berjam-jam. Alasannya sih masih sama, suka nunjuk dengan pertanyaan yang err bikin nggak berkutik. Tapi pas kelas 12 udah nggak se-killer pas aku masih kelas 11 dulu. Alhasil pas kelas 12 pun aku malah semangat duduk di depan, kalo ditanyain dan nggak bisa jawab ya pede aja bilang "nggak tau bu" wkwkwk. Dan karena rajin duduk di depan itu lah langsung nyadar betapa berharganya setiap kata-kata yang diucapkan *heseleh, karena soal yang keluar di setiap tes itu nggak jauh-jauh dari yang diucapkan Bu Mini. Nggak ada ruginya deh perhatiin guru ngajar, siapapun guru itu ;) 

Yang terakhir *jreng jreng jrenng* Bu Nunung alias Yangti. Pandangan pertama begitu liat Yangti...emm kayaknya killer nih. Dan ternyataaa Gudeg abisss. Jangan coba-coba buat tidur, ngobrol, ataupun nyuekin Yangti kalo lagi ngajar. Dan yang nggak kalah penting juga jangan sampai mejamu kosong tanpa buku dan alat tulis, kalo nggaaaaak.....bakal kena semprot karena dianggap sebagia siswa pemalas yang nggak niat belajar. Aku udah ngerasain sendiri soalnya -___-

Tragedi sama Yangti? pernah juga! Aku udah 2 atau 3 kali kayaknya disemprot yangti karena hal yang sama, yaitu karena aku lepas kendali (eh?). Ya youknowmesowell lah kalo udah ngomong setoak apa, dan saking asiknya ngomong, ngakak, dan berantagonis dengan mayo...aku sampe lupa kalo di pojok belakang ada yangti. Dan sudah ketebak kan endingnya? Yangti langsung nyemprot aku dengan kata-kata "Cah wedok kok bengak-bengok! rak sopan!" ohmyGod, 2 atau 3 kali loh aku disemprot dengan perkataan yang sama #speechless.

Tapi dibalik semua itu, Yanti itu baik dan pengertian :) aku suka banget kalo Yangti ngasih semangat sambil mengangkat kedua tangan beliau "ayo semangat cah, ojo jemu!" :'D  aaa semangat Yangti :)))

2. Gupak
Hayo apa gupak? Gupak itu guru yang napak di hati *hahaaha sori kalo maksa. Tapi emang gitu, saking nampolnya sampe napak dan bikin jejak-jejak yang nggak bisa ilang di hati *ciyeeh. Dan siapa aja mereka? here they are. . 

Yang pertama Bu Widi. Guru baru yang waktu itu eksklusif cuma ngajar kita (elevator). Dan karena emang masih muda dan pengertian banget akhirnya bu Widi kita boking jadi kakak kita hehehehe. Saking deketnya nih sama bu Widi, sampe-sampe pas perpisahan pun kita bilang sama bu Widi "bu, besok kalo ngajar yang galak ya Buk, jangan baik gini ya Buk. Pokoknya Bu Widi cuma boleh baik sama kita tok dan cuma boleh jadi kakaknya kita" unyuu :* . Te-o-pe be-ge-te lah buk pokoknya. Tapi meskipun baik banget, jangan salah, kalo lagi ulangan....wuh sumpah dahsyat banget mantaunya. Gerak dikit, ada suara gesekan kertas dikit, langsung deh diliatin, kalo perlu didatengin. Dijamin nggak bakal berkutik tuh meskipun jarakmu dan jarak sebelahmu cuma beberapa kilak. Nggak bakal bisa nyontek!

Yang kedua.....Bu Sri Handayani !!! yeay! Wali kelas tercinta kita yang nggak pernah marah, yang selalu baik dan care banget sama kita, dan cantik tentunya :D Bu Sri itu wali kelas terbaik deh selama aku kelas 10 11 12. Sakjosse lah :D

Yang ketiga...Pak Saroji. Guru yang satu ini termasuk kelompok Gupak karena metode ngajarnya yang napak banget di otak. Sukses bikin nilai fisika bagus pas kelas 10 :D . Dan yang napak banget diingatanku adalah. . .dulu pak Oji sempet jadi guru TIK, nah yang gokil nih beberapa keyboard di lab komputer di sulap menjadi keyboard model odal-adul, alias bagian tengah keyboard bukan DFGHJK *perhatikan keyboard kalian*  tapi udah diacak-acak sedemikian rupa hingga berubah jadi SAROJI. wow. Dan itu bikin susah murid-murid terutama yang nggak hafal letak huruf di keyboard seperti saya -___-

Yang keempat. . . Bu Dyah Sistriyani
Siapa sih yang nggak pengen diajar Bu Dyah? Guru biologi handal dan pintar dalam menerangkan. Dan beruntung aku merasakan diajar Bu Dyahpas kelas 12 :)) Beneran enak ternyata diajar bu Dyah, mudeng deh, apalagi aku yang notabene nggak suka biologi gara-gara lemah di hafalan pun mau nggak mau jadi suka sama biologi gara-gara Bu Dyah :) Hidup bu Dyah! Hidup! *apaan sih lel?*

Yang kelima . . . Pak Aji wkwk. Ini guru paling konyol yang pernah ngajar aku. Gaya ngomongnya yang teriak-teriak bukannya bikin deg-degan tapi malah bikin ketawa. Tapi ada saatnya bikin deg-degan beneran looh. Guru unik ini suka nyorat-nyoret buku siswa kalo ada kejanggalan di buku tugas, misal "apa ini?!" langsunt coret. Atau "mana PR-mu?!" langsung coret tanpa menunggu jawaban dari kita. Atau yang lebih nyeleneh lagi "ini kok jelek bukunya? langsung coret. Hadeeeh. Ada juga yang "ini apa?!!" ngelihat si A bikin tabel tanpa penggaris "kalo nggak punya penggaris pake kartu pelajar!" hahaha curcol pengalaman waktu SMA ya pak?? wkwk. Pak Aji juga sering nunjukin ke kita kartu pelajarnya jaman SMA dulu. Dan yang bikin shock, ternyata rambut pak Aji gondrong banget pas SMA. Kalo ditanya "lho pak, kok boleh rambut gondrong tho pak?" jawabnya selalu gini "lho, dulu pas SMA itu saya masih cewek" buahahaha masak iya??? wkwk

Yang terakhir *jreng jreng jreng* pak Subiyanto. Aku belum pernah diajar sih sama pak Subiyanto yang lebih familiar dipanggil pak SBY. Tapi udah ada 1 tragedi yang bikin nggak bisa lupa sama beliau dan kadang langsung gonduk mendadak begitu pak SBY lewat. Kenapa? Karena dulu aku pernah ditangkep sama beliau gara-gara tidak mematikan mesin kendaraan di kawasan SMA Negeri 3 Semarang. Ya okelah, aku salah, tapi yang bikin gonduk adalah....kenapa cuma aku, Nia Beta, dan 1 adek kelas yang ditangkep, padahal rombongan kita buanyak banget banget banget tapi mereka cuma dilewatin doang. Sumpah  gonduk banget pas kunci motorku ditarik dan dikunci stang sedangkan yang lain bisa leha-lehe lewat di depanku -_____- Dan gara-gara dikunci stang itulah motorku nggesek sudut tembok dan lecet -,- dan yang nyesek lagi kita harus berurusan sama wakasek. Huuu bete deh. Tuh kan, gimana nggak masuk kelompok gupak, lha wong kejadian itu sampe sekarang masih napak-napak di hati kok --a


Dan itulah sekilas tentang guru-guru Smaga yang (maaf) hanya aku tulis 11 aja. Tapi pada intinya semua guru itu istimewa dan tentunya berjasa :)

Makasih banyak buat ilmunya, marah-marahnya, nasehatnya, semuanya deh pokoknya. Semoga bisa menjadikan kami sebagai pribadi yang lebih baik, amin. Dan minta maaf juga untuk semua kesalahan, PR yang nggak dikerjakan, nilai yang jeblok, kelas yang berisik, dan kelancangan untuk memostingkan hal-hal seperti ini di blog, baik yang memuji maupun yang misuh-misuh.

Pada intinya, maaf dan terimakasih :')


Sebelumnya :

0 komentar:

Poskan Komentar