Omelet Tahu

Posted by Leila Husna On Kamis, 23 Desember 2010 0 komentar

Lagi-lagi saya dan 2 cecengul ditinggal Ibu ke Cianjur. And yeah, baru beberapa hari ditinggal ternyata persediaan makanan sudah habis, ludes, tak tersisa satupun!! Oke, sori agak lebai. Ehem, intinya malem ini aku bingung mau masak apa. Masak mi instan emmm males. Ditelpon ayah, suruh belanja ke Ada emm males juga, hujan sih. Dan setelah melamun bertapa, akhirnya dapet wangsit juga. Buka kulkas, ada tahu, telur, dan jamur tiram. Awalnya sih kepikiran bikin tahu aci, tapi tiba-tiba ide satu muncul "kenapa nggak bikin steak tahu? Mumpung kemarin udah dapet resep kuah steak di internet". Dan pas udah bikin adonan, tiba-tiba kepikiran "kok aku pengen bikin sesuatu yang beda ya?" Dan langsung deh ganti haluan, ambil telur, ambil jamur, campurin ke adonan yang tadi udah aku buat. Dan taraaa..adonan omelet tahu sudah jadi. Tinggal manasin teflon, goreng, lalu makan :d yummy!! Eits, ada yang kurang. Sausnya!!! Dan ya, aku ngarang bikin saus tapi jadi kok, meskipun rasanya nggak sesuai dengan yang aku harepin akibat keterbatasan bahan but it's OK, yang penting adekku udah bilang enak hahaha. And yeah, saya berhasil bikin kreasi masakan 1 lagi :))) 

Aku : Enaknya dikasih nama omelet tahu apa tahu dadar ya? (padahal sama aja sebenernya)
Adekku : omelet tahu aja mbak, lebih keren!! (keren dari hongkong?? -,-)

And now, waktunya berbagi resep :))

Bahan omelet : 2 kotak tahu (terserah tahu kuning atau putih, saran sih tahu putih aja), 5sdm tepung kanji, garam, lada, telur, jamur tiram disuwir-suwir (nggak harus ada kok)

Bahan saus : 1sdm mentega, bawang bombay diiris tipis-tipis, setengah sampai 1sdm tepung maizena, setengah gelas air, garam, lada, kecap sedikit, saus botol secukupnya.

Cara : tahu  dihaluskan, dicampur dengan tepung kanji, garam, lada. Setelah rata masukkan telur dan jamur. Lalu aduk lagi sampai rata. Setelah itu nyalakan api kecil dan panaskan sedikit minyak dalam teflon, jika sudah panas, masukkan adonan tadi kurang lebih satu sampai dua sendok makan penuh. Ratakan adonan dalam teflon dengan diameter kurang lebih 10cm. Jangan lupa dibalik, dan angkat bila sudah kuning kecoklatan. Lakukan berulang kali sampai adonan habis.

Untuk sausnya : lelehkan margarin dalam teflon, tumis bawang bombay hingga layu, masukkan tepung maizena yang sudah dicampur dengan air. Aduk hingga rata, lalu masukkan garam, lada, kecap, dan saus. Aduk lagi sampai mengental. Matikan api bila sudah bergelembung seperti mendidih. Saus siap disajikan.

0 komentar:

Poskan Komentar